Bangga Memiliki Yesus

“Dunia tidak akan pernah bisa menjauhkanku dari Yesus.”

 

Sering kali kita melihat dan merasakan kemewahan dunia ini yang membuat kita jauh dari Tuhan Yesus. Mata jasmani kita melihat gemerlapnya dan  tubuh jasmani kita merasakan nikmatnya.

 

Ada beberapa hal dalam dunia yang membuat kita terlena dan sangat menikmati hidup, di antaranya adalah ketiga hal berikut:

 

1)      Harta

 

Uang dan kekayaan adalah hal paling utama yang membuat manusia sangat nyaman dengan kehidupannya. Seseorang bisa membeli apa pun dengan uang yang ia miliki dan lebih ironis lagi, bukan hanya benda yang dapat dibeli oleh uang, melainkan manusia pun dapat dibeli dengan uang. Itulah sebabnya ada istilah suap-menyuap dalam kehidupan. 

 

Sangat nikmat dan menyenangkan menjadi orang kaya. Makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kendaraan tidak menjadi masalah. Tidak ada satu benda pun di dunia ini yang tidak mampu dibeli oleh seseorang yang kaya harta.

 

2)      Jabatan

 

Seseorang dengan jabatan tertinggi pada suatu bidang pekerjaan merupakan hal yang sangat membanggakan. Ia akan mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi dari orang-orang di sekitarnya. Semua orang akan menaruh rasa hormat kepadanya.

 

Adakah orang yang menolak untuk menjadi pemimpin atau big boss?  Jawabannya pasti “TIDAK”. Semua orang pasti mau menjadi pemimpin atau big boss dikarenakan oleh beberapa hal berikut:

a.) memiliki harga diri lebih tinggi dari orang lain

b.) mendapatkan pelayanan nomor satu atau terbaik

c.) memiliki kekuasaan

d.) dapat berbuat hal apa saja yang diinginkan hatinya

e.) tidak ada seorang pun yang dapat melarang atau menghentikan langkahnya

f.) menjadi terkenal

 

Dengan keenam alasan di atas, banyak orang rela melakukan berbagai macam cara agar dapat menjadi pimpinan tertinggi, misalnya menjadi presiden, anggota dewan, kepala daerah, kepala kepolisian, dan kepala biro.

 

3)      Hiburan

 

Dunia menawarkan hiburan yang sangat menyenangkan hati, contohnya hiburan musik, tarian, film, teater, bahkan hiburan seks. Di kota besar seperti Jakarta, semua hiburan tersedia dan mudah didapat. Asal Anda memiliki uang, Anda bisa mendapatkan jenis hiburan yang Anda mau. Ada banyak festival dan acara musik yang saat ini sedang digemari penduduk Jakarta, mulai dari pementasan musik yang sopan sampai pementasan musik “plus-plus” pun tersedia. 

 

Di beberapa negara yang menganut paham kebebasan, hiburan seks merupakan hal yang biasa, bahkan mereka secara terbuka menawarkan hiburan seks kepada setiap orang yang mampu membayar. Hiburan pun dikemas dengan sangat menarik sehingga pengunjung tempat hiburan tersebut merasa nyaman untuk menikmatinya.

 

Ketiga hal di atas (harta, jabatan, dan hiburan) merupakan kesenangan yang ditawarkan dunia. Namun, tanpa disadari, jika Anda memilikinya tanpa adanya Yesus, maka ketiga hal di atas adalah “SIA-SIA”.

 

Dunia memberikan harta, jabatan, dan hiburan dengan satu tujuan, yaitu untuk menghancurkan. Iblis menggunakan ketiga hal tersebut untuk menjauhkan kita dari Tuhan Yesus. Saat ini kita bisa melihat dan merasakan bahwa ada banyak orang yang meninggalkan Yesus karena mereka ingin mendapatkan harta dan jabatan. Namun, mereka tidak mengerti bahwa keputusan meninggalkan Yesus adalah keputusan untuk hidup dalam kehancuran dan kegelapan.

 

Di dalam Yohanes 8:12, Yesus berkata, “Akulah terang dunia; barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

 

Ayat tersebut memiliki pesan yang sangat jelas. Yesus sendiri yang berkata bahwa orang yang mengikut Dia adalah orang-orang yang mempunyai terang hidup. Lalu bagaimana dengan orang yang meninggalkan-Nya?

 

Di dalam Yohanes 15:6 dijelaskan bahwa orang yang tidak tinggal di dalam Yesus, ia akan dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan dan dicampakkan ke dalam api, lalu dibakar.

 

Hidup di dalam Yesus adalah hidup yang berkemenangan dan hidup yang berkelimpahan. Marilah kita melihat apa yang Yesus tawarkan dengan mengikuti Dia.

 

1)      Damai sejahtera: Yesus menawarkan damai sejahtera. Damai yang Ia berikan tidak sama seperti yang dunia berikan. (Yohanes 14:27)

 

2)      Kelegaan: Tidak ada yang lebih menenangkan jiwa daripada kelegaan hati dan hanya Yesus yang bisa dan sanggup memberikan kelegaan, tidak ada yang lain. (Matius 11:28)

 

3)      Jalan, kebenaran, dan hidup. Yesus menawarkan jalan, kebenaran, dan hidup. (Yohanes 14:6)

 

4)      Keselamatan: Keselamatan hanya ada di dalam Yesus. Kisah Para Rasul 4:12

 

5)      Hidup berkelimpahan dan berkemenangan (Yohanes 10:10)

 

Yang dimaksud Yesus dengan hidup berkelimpahan maksudnya adalah hidup yang berkemenangan. Menang atas dosa, hidup kembali setelah kematian, hidup selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Di dalam Yohanes 11:25 Yesus berkata, “Akulah kebangkitan dan hidup; barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.”

 

Selain karena lima hal di atas yang ditawarkan oleh Yesus, kita juga mengikut Dia karena Yesus merupakan teladan yang baik.

 

1)      lemah lembut dan rendah hati, Matius 11:29

2)      penuh kasih: Yohanes 15:12

3)      sahabat setia: Yohanes 15:13,Yohanes 15:15

4)      rajin berdoa: Matius 14:23

5)      mengampuni: Kolose 1:13-15

 

Memiliki Yesus berarti memiliki hidup. Dengan memiliki Yesus, kita memiliki segalanya. Lalu apakah kita memerlukan hal lain di luar Yesus? Apakah kita layak meninggalkan Yesus demi kekayaan, jabatan, atau hiburan yang ditawarkan dunia? Apakah Yesus tidak cukup baik untuk dipertahankan? Apakah memilih Yesus adalah pilihan yang salah?

 

 

 

Salam kasih dan setia dalam Kristus Yesus,

 

Vivien Pangaribuan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s